MERAJUT UKHUWWAH – MENEBAR SUNNAH
Selamat Datang di Majalah Dinding (MADING) "PesanTrend" kami <><><><><> Wadah kreativitas jurnalis santri (IJSMM) untuk meningkatkan semangat menulis dan berkreasi. <><><><><><><><><><> Semua karya disini adalah hasil olah-tangan jurnalis santri yang sedang belajar menekuni jurnalistik. Kritik dan saran untuk kebaikan kita bersama, senantiasa kami terima dengan tangan terbuka dan lapang dada....Akhirnya kami mengucapkan selamat menikmati sajian kami.......
Salurkan Bantuan Anda Untuk Pembangunan PERLUASAN MASJID AL-MANAR
Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih atas bantuan dan pastisipasinya.


Jumat, 03 Oktober 2014

HARI INI, MA’HAD AL-MANAR PUASA ARAFAH



Di hari Jum’at, 3 Oktober 2014 ini, lafadz takbir, tahmid dan tahlil mulai dikumandangkan selepas sholat subuh berjama’ah di masjid Ma’had Al-Manar hingga berakhirnya hari tasyrik (7 Oktober 2014).


Seluruh santri dan para asatidz Ma’had Al-Manar melakukan puasa Arafah di hari Jum’at yang penuh berkah ini, demikian pula warga yang peduli dengan Pondok Pesantren serta para alumni Ma’had Al-Manar dianjurkan dengan sangat untuk melakukan puasa Arafah di hari ini.

Sementara itu, menurut panitia kurban Ma’had Al-Manar, ust. Asro’i hingga hari Jum’at ini ada seekor kambing dan 4 ekor kerbau hewan kurban yang keseluruhannya secara serentak akan dipotong pada hari kurban (10 Dzulhijjah) besok, (Sabtu, 4/10/14). Hal ini dilakukan sebagaimana hadits dari Anas bin Malik r.a :
عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ – رضى الله عنه – قَالَ قَالَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – مَنْ ذَبَحَ قَبْلَ الصَّلاَةِ فَإِنَّمَا ذَبَحَ لِنَفْسِهِ ، وَمَنْ ذَبَحَ بَعْدَ الصَّلاَةِ فَقَدْ تَمَّ نُسُكُهُ ، وَأَصَابَ سُنَّةَ الْمُسْلِمِينَ
Dari Anas bin Malik r.a, ia berkata bahwa Nabi SAW bersabda, “Barangsiapa yang menyembelih qurban sebelum shalat (Idul Adha), maka ia berarti menyembelih untuk dirinya sendiri. Barangsiapa yang menyembelih setelah shalat (Idul Adha), maka ia telah menyempurnakan manasiknya dan ia telah melakukan sunnah kaum muslimin.”(HR.Bukhari).

Menurut panitia, untuk mempercepat diselesaikannya kegiatan kurban tersebut, pihak panitia sudah membentuk 6 unit satuan kerja yang terdiri atas tim jagal sebanyak 4 unit (untuk 4 ekor kerbau) dan 2 unit lainnya sebagai tim pembagi dan pengolahan daging.

Dengan dibentuknya tim satuan kerja yang terdiri atas para santri dan asatidz serta warga masyarakat tersebut diharapkan sebelum masuk waktu maghrib, seluruh kegiatan kurban sudah rampung. (QQ dan tim MADING :PesanTrend”)

 
 
 






Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Berikanlah Komentar Anda Disini Dengan Sopan dan Baik

BERITA KAMI DI FACEBOOK

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...