MERAJUT UKHUWWAH – MENEBAR SUNNAH
Selamat Datang di Majalah Dinding (MADING) "PesanTrend" kami <><><><><> Wadah kreativitas jurnalis santri (IJSMM) untuk meningkatkan semangat menulis dan berkreasi. <><><><><><><><><><> Semua karya disini adalah hasil olah-tangan jurnalis santri yang sedang belajar menekuni jurnalistik. Kritik dan saran untuk kebaikan kita bersama, senantiasa kami terima dengan tangan terbuka dan lapang dada....Akhirnya kami mengucapkan selamat menikmati sajian kami.......
Salurkan Bantuan Anda Untuk Pembangunan PERLUASAN MASJID AL-MANAR
Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih atas bantuan dan pastisipasinya.


Rabu, 08 Oktober 2014

SANTRI BARU IKUTI SHOLAT GERHANA BULAN TOTAL 8 OKTOBER 2014




Menyikapi fenomena alam berupa gerhana dengan cara menegakkan sholat secara berjama’ah disamping istighfar, bertakbir dan bersedekah, bukanlah hal yang baru bagi Pondok Pesantren (Ma’had) Al-Manar.

Sejak berdirinya Al-Manar sebagai salah satu lembaga pendidikan khusus keagamaan di tahun 1412 H = 1991 M hingga sekarang, menegakkan sholat gerhana (matahari/bulan), baik gerhana sebagian, gerhana cincin maupun gerhana total, adalah satu hal yang sudah dibiasakan.

Namun bagi santri baru, kegiatan tersebut merupakan suatu hal yang belum pernah mereka alami. Karena itu pada hari ini, RABU MALAM KAMIS, 8 OKTOBER 2014 bersamaan dengan 14~15 DZULHIJJAH 1435 H, mereka ikut melaksanakan SHOLAT GERHANA BULAN TOTAL bersama para warga lainnya secara berjama’ah di masjid Al-Manar.

Berdasarkan hasil hisab dari pimpinan Pondok Pesantren (Ma’had) AL-Manar, buya Abdullah Shofie, secara rinci gerhana bulan total (GBT) yang terjadi di bulan Oktober ini dapat dijabarkan sebagai berikut :
1.     Gerhana penumbra di mulai pukul 15:16 WIB
2.     Kontak awal GBT umbra pukul 16:15 WIB
3.     Kontak kedua GBT umbra pukul 17:25 WIB
4.     Kontak ketiga (PUNCAK) pukul 17:55 WIB
5.     Kontak keempat GBT umbra pukul 18:24 WIB
6.     Kontak akhir GBT umbra pukul 19:34 WIB
7.     Akhir gerhana penumbra pukul 19:35 WIB.

Secara syariat, yang dinamakan gerhana itu adalah gerhana UMBRA (bukan PENUMBRA) maka lama gerhana bulan total kali ini adalah selama 3 jam 19 menit. Meski para ulama' ada yang berpendapat bahwa sholat gerhana merupakan SUNNAH MUAKKADAH, namun tidak sedikit para ulama yang berpendapat WAJIB berdasarkan hadist yang artinya "Jika kalian melihat gerhana maka SHOLATLAH".

Pelaksanaan sholat gerhana bulan total di masjid Ma'had Al-Manar malam ini dilaksanakan setelah selesai SHOLAT MAGHRIB (waktu masuk maghrb pukul 18:04 WIB) dengan imam ust. Faizal Chakiem dan khatib ust. Saefuddin. Lamanya sholat gerhana bulan di malam ini hanya berkisar 65 menit sementara khutbahnya selama 20 menit. (lihat videonya disini).

Bagi santri baru dan wali santrinya, kegiatan ini tentulah akan menambah wawasan ilmu keagamaan mereka sehingga di masa-masa mendatang, mereka sudah tidak merasa asing lagi dengan kegiatan menyikapi ayat-ayat kauniyah Allah SWT.
(QQ dan tim MADING “PesanTrend”)
Pengurus FOKAL memberi TC bagi Pengurus OSIS/OSPPAL
Sebagian Peserta TC pengurus OSIS/OSPPAL
Pembina PRAMUKA memberikan materi di kelas
Santriwan dan Santriwati Al-Manar Saat Apel Dirgahayu RI ke 69

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Berikanlah Komentar Anda Disini Dengan Sopan dan Baik

BERITA KAMI DI FACEBOOK

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...